Persiapan Wukuf, Otoritas Saudi Nantikan Kedatangan Jamaah di Arafah

arafah
Tenda di Arafah sudah dilengkapi dengan AC

Indonesiainside.id, Makkah – Kementerian Kesehatan Saudi menyelesaikan persiapannya untuk menyediakan perawatan medis bagi para jamaah yang akan berkumpul di padang Arafah untuk melakukan wukuf sebagi puncak pelaksanaan haji, pada Kamis (30/7) hari ini.

Fasilitas kesehatan di Arafah dilengkapi dengan klinik umum yang dikelola oleh dokter umum, konsultan internal, dan perawat yang berspesialisasi dalam perawatan intensif, serta fasilitas yang dilengkapi perlengkapan khusus untuk menangani masalah sengatan matahari dan stres akibat panas.

Kementerian menambahkan bahwa akan ada rumah sakit keliling di Arafah dan di Muzdalifah sepanjang Hari untuk melayani para jamaah sampai keberangkatan mereka. selian itu, kementerian juga menyiapkan kamp terpadu di wilayah Arafah untuk mengisolasi kasus yang diduga terkait virus corona dan menerapkan tindakan pencegahan.

Pasukan Pertahanan Sipil meningkatkan kesiapan mereka di Mina, dan mengambil semua langkah pengamanan untuk menjaga keselamatan jamaah selama mereka tinggal. Komandan Pertahanan Sipil untuk Haji, Mayjen Hamoud Al-Faraj, mengonfirmasi kesiapan timnya. “Semua pihak yang terlibat menjalankan tugas mereka, untuk menangani risiko sesuai dengan rencana umum terkait ibadah haji,” katanya.

Pada Hari Tarwiyah, kementerian mengumumkan bahwa tidak ada kasus penyakit virus corona yang dilaporkan di antara para jamaah. Diketahui, pemerintah Saudi membatasi jumlah jamaah calon haji hanya untuk 10.000 terpilih, guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Salah satu dari mereka yang berhak untuk dapat melakukan haji tahun ini adalah seorang wanita Makedonia yang tinggal di Riyadh selama enam tahun. “Saya memimpikan haji sejak saya datang ke Riyadh enam tahun lalu, dan itu akhirnya terwujud,” kata Hamide Halimi kepada Arab News.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here