Satelit Mata-Mata Iran Merilis Citra Pangkalan Militer Terbesar Amerika di Qatar

Ilusrasi rudal. Foto: net

Indonesiainside.id, Teheran – Satelit militer pasukan elit Garda Revolusi Iran merilis foto pangkalan militer Amerika terbesar di Timur Tengah.

Dalam rilisnya, IRGC menunjukkan lokasi dan foto terperinci Pangkalan Udara Al-Udeid – tempat bagi markas Komando Pusat militer AS yang berbasis di Qatar.

Foto-foto itu diambil oleh satelit militer ‘Noor’ (Cahaya) milik Iran yang baru dikembangkan.

Citra tersebut mencakup beberapa potret terperinci dari pangkalan udara Amerika, yang menunjukkan berbagai fasilitas yang ada. Diduga gambar itu diambil selama interval pengintaian waktu tertentu, yang terlihat dari perubahan posisi pesawat di landasan pacu.

Salah satu gambar yang dirilis ke publik tampaknya merupakan gambaran citra inframerah yang menunjukkan tanda panas yang dipancarkan oleh pesawat dan fasilitas terdekat.

Al-Udeid adalah pangkalan militer terbesar AS di Timur Tengah, diperkirakan ditempati oleh sekitar 11.000 personel. Mereka secara permanen berada di fasilitas itu sepanjang waktu, dan pangkalan itu digunakan untuk menjadi markas komando operasi militer AS di seluruh wilayah.

Gambar-gambar tersebut dirilis di tengah latihan militer bertajuk ‘Great Prophet 14’ yang sedang berlangsung di provinsi Hormozgan, Iran selatan, wilayah yang berbatasan dengan Teluk Persia dan Selat Hormuz.

Latihan besar-besaran itu dimulai pada hari Selasa. Selain kegiatan pengumpulan intelijen, satelit Noor dilaporkan telah digunakan untuk memantau latihan militer dari luar angkasa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here