Setelah Shalat Dhuha, 10.000 Jamaah Calon Haji Bergerak Menuju Arafah

Indonesiainside.id, Makkah – Sekitar 10.000 jamaah calon haji di Lembah Mina di luar Makkah, saat ini (pagi waktu setempat) bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Arafah, untuk mendengarkan khotbah sebagai puncak rangkain ibadah haji.

Dilansir Arab News, sejak kemarin, para jamaah berkumpul, dan menghabiskan waktu di Lembah Mina, dengan memperbanyak ibadah, berdoa dan bertafakkur hingga matahari terbit hari ini.

Para jamaah calon haji terlebih dahulu melaksanakan shalat subuh, dan dilanjutkan dengan melantunkan ayat-ayat suci Alquran, sambil menunggu waktu Dhuha. Setelah melaksanakan shalat dhuha, para jamaah bersiap untuk memulai perjalanan menuju Padang Arafah.

Untuk perjalanan ke Arafah, Otoritas Haji menyiapkan armada bus untuk mengangkut jamaah, dengan kapasitas bus maksimal hanya akan diisi sebanyak 30 persen, untuk menjaga penerapan langkah-langkah jarak sosial.

Pun demikian dengan para jamaah yang memilih untuk berjalan kaki menuju padang Arafah. Setiap kelompok yang terdiri dari 50 jamaah, beserta pemandu dan seorang petugas kesehatan, akan bergerak secara teratur dalam jarak fisik yang diatur dengan mengikuti rambu-rambu yang disebar di sepanjang jalan. Dan tak lupa, jamaah juga menyiapkan paying untuk menjaga mereka dari panasnya sengatan matahari.

Dilansir Arab News, Mina, sekitar 7 km arah timur laut dari Masjidil Haram di Kota Makkah, biasanya akan menjadi situs kota tenda terbesar di dunia, yang menampung sekitar 2,5 juta jamaah. Sementara perjalanan dari Mina menuju Arafah, berjarak sekitar 16 km.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here