Gamelan Kancil di Festival Jardingue di kota Van Gogh – Arles

gamelan kancil di arles
Gamelan Kancil di Arles, Prancis. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Arles – Kota Arles adalah kota budaya di daerah selatan Prancis, di pinggiran sungai Le Rhone. Kaya dengan berbagai peninggalan dari zaman romawi dan sebelum masehi. Kota ini juga merupakan kota audiovisual dengan festival fotografi, sinema dan festival musik Les Suds à Arles. Pelukis terkenal Vincent van Gogh pernah singgah dan berkarya di Arles pada tahun 1888.

Gamelan Kancil merupakan suatu grup musik gamelan Jawa yang telah berdiri sejak lama di Aix en Provence, dibawah asosiasi Adémuse. Sejak tahun 2018, Gamelan Kancil dipimpin oleh Henri Maquet, composer sekaligus pelatih.

Saat ini grup gamelan tersebut berbasis di Arles di mana kursus dan konser gamelan sering diadakan. Pelatihan dan pertunjukan grup Gamelan Kancil merupakan realisasi kerjasama di bidang budaya dan pendidikan antara Indonesia dan Prancis.

Musim Panas tahun ini, Arles kembali menggelar festival Jardingue yang terdiri dari rangkaian berbagai pertunjukan tari, musik, fotografi, berkuda, seni teater dan masih banyak lagi. Arlesians memanfaatkan momen libur musim panas sebagai sarana melepas penat selama sekolah dan bekerja serta mengekspresikannya dalam sebuah karya seni, termasuk grup Gamelan Kancil.

Henri Maquet dan timnya yang terdiri dari 13 orang telah berlatih dan menyiapkan pertunjukan musik gamelan di Festival Jardingue sejak pertengahan Juli lalu. Grup Gamelan Kancil tampil setiap sore berturut-turut dari tanggal 29 hingga 31 Juli 2020. Festival ini diselenggarakan di Papeteries Etienne dan penampilan secara terbuka di place de la Republique – Arles.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here