Bermaksud Hilangkan Jejak Virus Corona, Pria Ini Bersihkan Uang Senilai Rp270 Juta di Mesin Cuci

Indonesiainside.id, Seoul – Mencuci uang kertas bukanlah ide yang baik. Seperti yang dilakukan warga di Korea Selatan ini, ketika memasukkan uang kertas ke dalam mesin cuci untuk menghilangkan kemungkinan paparan virus corona.

Seorang pria yang tinggal di kota Ansan, dekat Seoul, memasukkan uang kertas pecahan 50.000 won (Rp588.000) ke mesin cuci, untuk menghilangkan jejak virus corona. Sebagian dari uang itu rusak parah, dan pria tersebut menghubungi Bank of Korea untuk mengetahui apakah uang tersebut dapat ditukar dengan uang kertas baru.

Di bawah peraturan bank tentang pertukaran uang kertas yang rusak, termutilasi, dan terkontaminasi, pria itu akhirnya diberikan uang kertas baru menggantikan uangnya yang rusak dengan total senilai 23 juta won atau sekitar Rp270 juta.

Pejabat Bank, Seo Jee Woun mengatakan jumlah uang kertas pecahan 50.000 won yang ditukar dengan nilai setengahnya adalah sebanyak 507 lembar. Dia menambahkan bahwa pihak bank tidak menghitung sebagian uang kertas yang tidak dapat ditukar sama sekali, akibat kerusakan yang terlalu parah.

Seo mengatakan pejabat bank tidak tahu persis berapa banyak uang yang pria tersebut yang dimasukkan ke mesin cuci. Namun dia memastikan pria tersebut menderita kehilangan uang dengan nilai yang besar.

Berapa banyak bank sentral Korea, menerima penukaran uang dalam situasi seperti ini tergantung pada seberapa serius kerusakan uang kertas tersebut. Bank dapat menyediakan uang baru sesuai dengan nilainya, untuk kerusakan minimal. Tetapi untuk uang dengan kerusakan signifikan, Bank akan mengganti dengan nilai setengah atau tidak sama sekali.

Di tempat lain, menurut pihak bank, seseorang bermarga Kim, memasukkan uang ke dalam microwave, juga terkait dengan masalah virus corona. Bank menukar uang Kim yang rusak dengan uang kertas baru senilai 5,2 juta won atau sekitar Rp61 juta.

Dilansir Arab News, Bank sentral Korea Selatan menyarankan masyarakat untuk menghindari memasukkan uang kertas ke dalam microwave yang efek desinfeksinya tidak jelas. Pedoman anti-virus di Korea Selatan juga tidak termasuk mensterilkan uang di mesin cuci. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here