Covid-19: 36 Awak Kapal Pesiar Asal Norwegia Dikonfirmasi Positif

Kapal pesiar SuperStar Gemini, bersama dengan kapal pesiar SuperStar Aquarius, digunakan sebagai asrama sementara bagi para pekerja migran yang telah pulih dari infeksi Covid-19, Sabtu (23/5/2020). Xinhua/Then Chih Wey

Indonesiainside.id, Oslo – Tidak kurang 36 anggota awak kapal pesiar asal Norwegia, MS Roald Amundsen telah dikonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya pada hari Jumat, empat anggota awak lainnya ditemukan positif dan dirawat di rumah sakit, kutip AFP.

Dari 158 anggota awak di kapal MS Roald Amundsen36 yang terinfeksi. Pal Jakobsen, petugas media untuk Kota Tromso,  membenarkan perkembangan yang menimbulkan kekhawatiran akan munculnya kembali kasus-kasus infeksi di Norwegia.

Kapal MS Roald Amundsen36 tiba hari Jumat pagi di pelabuhan Tromsø utara Svalbard, di mana kru yang tersisa dikarantina di atas kapal. Sebelumnya, perusahaan pelayaran Hurtigruten telah mengidentifikasi 33 orang positif, semuanya adalah orang Filipina dan tiga dari Prancis, Norwegia dan Jerman.

“Sebelumnya empat kru positif diisolasi selama beberapa hari karena penyakit lain, tetapi tidak memiliki gejala Covid-19,” katanya.  “Tidak ada alasan untuk mencurigai Covid-19 segera setelah kapal berlabuh di Tromso berdasarkan gejala yang ditunjukkan,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Kapal membawa sekitar 180 penumpang sejak keberangkatannya, pada 25 Juli dan tidak ada yang dilaporkan memiliki gejala saat berlayar.  Semua penumpang diberangkatkan Jumat lalu tetapi 60 dari mereka dikarantina di Tromso.

Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia tidak mengesampingkan kemungkinan lebih banyak kasus muncul tetapi hanya akan diketahui setelah tes dilakukan, sehingga merekomendasikan semua penumpang dikarantina sambil menunggu hasil.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here