Alhamdulillah Musim Haji Berakhir tanpa Kasus Infeksi Virus Corona

Jamaah haji berbaris sebelum melakukan prosesi lempar jumrah dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Jamarat, Mina, Arab Saudi, Jum'at (31/7/2020). Haramain Info

Indonesiainside.id, Makkah – Jamaah calon haji dilaporkan dengan aman dan lancar melakukan ritual lontar jumrah terakhir di Jembatan Jamarat di Mina pada Ahad (2/8). Setelah itu, para jamaah bergerak kembali ke Masjid Agung Makkah untuk menyelesaikan prosesi haji dengan mengelilingi Ka’bah tujuh kali yang dikenal sebagai Tawaf perpisahan.

Para jamaah memasuki Masjidil Haram melalui pintu yang ditentukan, dan diminta untuk mengikuti jalan yang diberi tanda khusus untuk menjaga jarak yang aman antara satu sama lain.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengonfirmasi bahwa tidak ada laporan infeksi virus corona di antara para jamaah di tempat-tempat suci haji hingga pada hari kelima pelaksanaan ibadah haji.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Dr Abdulfattah bin Sulaiman Mashat mengatakan bahwa setelah seluruh rangkaian ibadah haji selesai, para jamaah akan kembali menjalani pemeriksaan medis.

Sebelumnya, jamaah calon haji menjalani tujuh hari isolasi rumah sebelum mereka memulai perjalanan haji mereka, dan akan kembali menjalani isolasi rumah wajib, setelah haji selesai.

Pemerintah Saudi menerapkan tindakan pencegahan ketat tahun ini untuk memastikan musim haji yang aman. “Ada rencana terperinci untuk setiap langkah yang dilakukan jamaah. Fokus utamanya adalah bagaimana menerapkan tindakan pencegahan medis dan tindakan pencegahan secara efektif,” kata Mashat.

“Dengan mengambil semua tindakan pencegahan dan upaya besar ini, Kerajaan mengirim pesan bahwa kesehatan manusia adalah prioritas utamanya,” tambahnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here