Publik Thailand Khawatir Prajurit AS yang Ikut Latihan Militer Gabungan di Bangkok Bawa Virus Corona

Indonesiainside.id, Bangkok – Latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS)-Thailand yang direncanakan bulan ini, menuai kritik dari publik Thailand di media sosial. Publik juga mengkritik rencana otoritas Thailand untuk mengkarantina ratusan tentara AS yang ikut latihan, di hotel Bangkok.

“Sekitar 106 tentara AS akan bergabung dalam tiga latihan terpisah dari 18 hingga 30 Agustus di tiga provinsi di Thailand, dan akan dikenakan persyaratan yang sama dengan siapa pun yang memasuki negara itu,” kata Kepala Unit 19 Angkatan Darat Thailand, Nattapon Srisawat.

Diketahui, Thailand selama lebih dari dua bulan terakhir menjaga penyebaran virus corona, tanpa transmisi lokal, dan menekan kasus infeksi di angka 3.300.

Negara ini menutup perbatasan dan wilayah udara bagi wisatawan, untuk mencegah virus dari luar dan memungkinkan lalu lintas masuk hanya untuk repatriat Thailand atau orang asing dengan izin khusus, yang semuanya harus menjalani karantina selama 14 hari.

Sebuah halaman Facebook populer di Thailand menarik lebih dari 25.000 suka, ketika mempertanyakan perlunya mengadakan latihan bersama antara dua sekutu bersejarah itu di tengah krisis kesehatan global saat ini.

“Apakah benar-benar perlu untuk membawa tentara asing masuk ke Thailand saat ini? Jika tidak memengaruhi hubungan, tunda saja,” tulis halaman Facebook itu. “Bahkan warga yang bepergian menunda rencana mereka, mengapa latihan militer tidak bisa ditunda?”

Ditanya terkait kritik terhadap latihan gabungan tersebut, Nattapon mengatakan bahwa para peserta akan menjalani dua tes dan tidak akan diekspos kepada publik selama latihan.

“Para prajurit ini tidak akan bisa meninggalkan barak,” jelas Nattapon, yang dilansir Arab News.

Latihan gabungan ini digelar ketika militer Thailand menangguhkan pengiriman pasukan ke luar negeri, setelah sebelumnya, sembilan personel militer Thailand dinyatakan positif terinfeksi virus corona, sekembalinya dari pelatihan di Hawaii. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here