Suriah Berencana Bikin Miniatur Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia. Foto: Anadolu

Indonesiainside.id, Damaskus – Kelompok kristen Suriah mempertimbangkan kemungkinan membangun “miniatur” Hagia Sophia di tengah keputusan Turki untuk mengubah bekas museum itu menjadi masjid.

Miniatur Hagia Sophia versi Suriah direncanakan akan dibangun di wilayah Al-Suqaylabiyah, provinsi Hama, lansir Sputnik, Senin (3/8).

Komandan Komite Pertahanan Nasional Al-Suqaylabiyah, Nabeel Abdallah, mengatakan bahwa ide membangun gereja itu terutama untuk mengenang kehidupan orang-orang Kristen Suriah. Ia menambahkan bahwa proyek ini dibiayai dari sumber-sumber swasta dan mengklaim tidak ada latar belakang politik.

“Ini adalah proyek pribadi yang juga dibiayai secara pribadi. Bahkan tanah di mana gereja diharapkan dibangun adalah milik pribadi keluarga Kristen Suriah, yang leluhurnya menentang Turki pada tahun 1920-an, seperti semua orang Suriah pada waktu itu,” katanya.

“Miniatur ini tidak megah. Hanya sebuah gereja kecil. Saya pikir tidak sepadan dengan keributan yang mereka coba lakukan untuk mengatasinya,” katanya.

Selain itu, menurutnya gereja yang akan dibangun itu untuk mengenang semua gereja Suriah yang ada di provinsinya dan menderita karena perang.

Nabeel Abdallah menambahkan bahwa Patriarkh Yohanes X dari Antiokhia telah memberkati pembangunan gereja itu.

“Tapi Rusia tidak ada hubungannya dengan proyek ini. Kami berencana membangun semuanya sendiri. Namun, beberapa sponsor swasta dari Rusia ingin membantu kami dengan pendanaan, tetapi ini bukan bantuan resmi dari Moskow,” kelitnya.

Hagia Sophia, merupakan bangunan keagamaan ikonik, yang baru-baru ini diubah menjadi masjid setelah keputusan 1934 yang dibuat oleh presiden Turki sekuler, Mustafa Kemal Atatürk. Padahal Hagia Sophia adalah wakaf dari kekhalifahan Utsmaniyah yakni Sultan Muhammad Al-Fatih yang menaklukkan Istanbul. (EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here