Lockdown Lagi, Kasus Baru Covid-19 di Filipina Alami Lonjakan Tertinggi 6.352 Orang

Warga terlihat mengenakan masker di Manila, Filipina, Minggu (2/8/2020). Xinhua/Rouelle Umali

Indonesiainside.id, Manila – Kementerian Kesehatan Filipina melaporkan tambahan 6.352 infeksi virus corona baru, Selasa (4/8), setelah sebelumnya juga mencatatkan rekor kenaikan dalam lima hari terakhir. Tambahan kasus di Filipina tersebut merupakan lonjakan harian terbesar infeksi virus corona di Asia Tenggara.

Dalam sebuah pemberitaan media, kementerian kesehata mengatakan bahwa total infeksi yang dikonfirmasi meningkat menjadi 112.593, sementara kematian bertambah 11, dan total menjadi 2.115 kasus.

Ibu Kota Filipina dan provinsi-provinsi terdekat lainnya pada Selasa (4/8), kembali merasakan lockdown ketat selama dua minggu, untuk menghambat kasus-kasus yang melonjak sejak pembatasan dilonggarkan pada Juni lalu.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penerapan kembali status lockdown ketat di Wilayah Ibu Kota Manila, dan provinsi di sekitarnya, menyusul kembali melonjaknya kasus infeksi virus corona di wilayah itu.

Selain itu, ribuan profesional medis negara itu juga mendesak untuk menempatkan Metro Manila kembali dalam aturan lockdown selama dua minggu ke depan, yang akan digunakan sebagai batas waktu untuk memperbaiki strategi pengendalian pandemi pemerintah. Mereka memperingatkan bahwa sistem perawatan kesehatan negara itu berada di ujung tanduk.

Harry Roque, Juru bicara Duterte, mengatakan bahwa Presiden mengembalikan Manila, dan Provinsi Laguna, Cavite, Rizal, dan Bulacan untuk dalam aturan lockdown, efektif mulai Selasa (4/8) tengah malam nanti, seperti yang direkomendasikan oleh anggota tim Kabinet. “Ini akan berlangsung hingga 18 Agustus,” katanya, yang dilansir Arab News.

Duterte sebelumnya bertemu dengan anggota kunci kabinetnya guna membahas permohonan mendesak oleh kelompok medis untuk membuat Metro Manila kembali dalam penguncian ketat, dan memperingatkan bahwa sistem perawatan kesehatan negara itu kewalahan menghadapi gelombang pandemi. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here