Rilis Gambar Peta Baru, Pakistan Tegaskan Klaim Penguasaan Wilayah Kashmir

Indonesiainside.id, Islamabad – Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada Selasa (4/8), menyetujui peta baru yang menunjukkan daerah-daerah di lembah Kashmir Himalaya menjadi bagian dari Pakistan. Langkah tersebut kemungkinan akan membuat marah negara tetangga India, yang juga mengklaim wilayah itu.

Gambar peta baru tersebut dibagikan kepada media Pakistan, oleh kantor Perdana Menteri Khan. Peta tersebut menandakan penegasan posisi Pakistan di atas garis perbatasan. Sejauh ini, India belum mengomentari terkait perkembangan tersebut.

Wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim, menjadi pusat permusuhan antara kedua negara, selama lebih dari 70 tahun, sejak pembagian India yang dikuasai Inggris menjadi Muslim Pakistan dan mayoritas Hindu India pada 1947.

Ketegangan mencapai puncak baru pada Agustus tahun lalu, ketika pemerintah Perdana Menteri India Narendra Modi mencabut hak otonomi istimewa Kashmir yang dikelola India, dan memicu kemarahan warga di wilayah tersebut dan di Pakistan.

India juga mencabut status kawasan itu sebagai negara bagian, dengan menciptakan dua wilayah yang dikendalikan oleh pemerintah federal, memisahkan wilayah Ladakh dengan Jammu & Kashmir yang merupakan satu-satunya negara bagian mayoritas Muslim di India.

India memerangi pemberontakan di bagian Kashmir yang dikuasainya selama beberapa dasawarsa, dan menyalahkan Pakistan yang memicu perselisihan tersebut. Tetapi Pakistan membantah bertanggung jawab, dan mengatakan bahwa mereka hanya memberikan dukungan moral kepada kelompok pejuang Kashmir tanpa kekerasan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here