Pascaledakan Mematikan, Presiden Perancis Emmanuel Macron segera Berangkat ke Lebanon

Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Paris – Presiden Prancis Emmanuel Macron dilaporkan melakukan perjalanan ke Lebanon pada Kamis (6/8) untuk menawarkan dukungan bagi negara yang baru saja diguncang ledakan dahsyat mematikan.

Kantor kepresidenan Perancis mengatakan pada Rabu (5/8), bahwa Macron akan bertemu dengan para pemimpin politik Lebanon. Namun tidak ada rincian lebih lanjut dari pemerintaha terkait detil pertemuan tersebut.

Diketahui, Lebanon adalah mantan protektorat Perancis, dan kedua negara masih mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang erat.

Prancis juga mengirimkan beberapa ton bantuan dan pekerja tanggap darurat segera setelah ledakan terjadi pada Selasa (4/8) di Beirut, yang menewaskan sedikitnya 135 orang dan melukai ribuan lainnya.

Pekerja tanggap darurat Prancis yang berangkat ke Lebanon termasuk anggota unit khusus dengan keahlian kimia dan teknologi lainnya yang dilatih untuk melakukan intervensi di lokasi industri yang rusak. Sementara kru lain memiliki pengalaman dalam menangani dampak gempa bumi, kebakaran hutan, dan bencana internasional lainnya.

“Di antara tugas mereka adalah mengidentifikasi risiko spesifik untuk produk yang disimpan di daerah tersebut dan risiko lain yang diakibatkan ledakan,” kata juru bicara keamanan sipil nasional Michael Bernier, yang dilansir Arab News.

Beberapa negara lain di Timur Tengah dan Eropa dikabarkan juga mengirimkan bantuan untuk Lebanon. Uni Eropa mengaktifkan sistem perlindungan sipilnya untuk mengumpulkan tim tanggap darurat dan peralatan medis dari seluruh 27 negara anggota UE.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here