Istana Malacanang Tampik Jumlah Kasus Covid-19 di Filipina Lebih Banyak dari Indonesia

Istana Malacanang

Indonesiainside.id, Jakarta– Istana Malacanang menolak fakta bahwa Filipina telah melampaui Indonesia sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Asia Tenggara.  Juru bicara kepresidenan Harry Roque Jr. mengatakan angka itu tampak tinggi karena Filipina melakukan uji diagnostik jauh lebih banyak ketimbang Indonesia.

“Kami lebih agresif dalam pengujian, tidak benar bahwa kami memiliki lebih banyak kasus ketimbang Indonesia,” ujar Roque, dalam konferensi pers, kutip the Philippine Star.

Dari angka yang tercatat, pada Kamis Filipina menyalip Indonesia dengan total 119.460 kasus. Sementara Indonesia 118.753 kasus.

Roque mengatakan bahwa Filipina sudah melakukan 1.667.831 tes, sementara Indonesia baru 908.000.  “Orang Indonesia tidak tahu siapa saja di antara mereka yang berkeliaran dengan virus. Setidaknya, kami sudah tahu,” imbuh Roque.

Meski pula jumlah kasus aktif di Filipina mencapai 50.473, lebih banyak ketimbang Indonesia yang tersisa 37.587. Sementara Wakil Menteri Kesehatan Maria Rosario Vergeire mengatakan tak bisa begitu saja membandingkan Filipina dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

“Ketika membandingkan angka, kita juga perlu membandingkan kapasitas dan populasi masing-masing negara,” kata Maria.

Pada Jumat, Filipina kembali mengkonfirmasi 3.379 kasus baru Covid-19, sehingga total menjadi 122.754. Sementara di Indonesia, pada hari yang sama, diumumkan 2.473 kasus baru Covid-19, sehingga total menjadi 121.226. (AA/NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here