Ketahanan Pangan Terancam, Kim Jong Un Perintahkan Pemulihan Segera Wilayah Terdampak Banjir

Pemimpin Korut Kim Jong Un. Foto: KCNA

Indonesiainside.id, Pyongyang – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Jumat (7/8), memerintahkan para pejabat untuk menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi ratusan keluarga yang kehilangan rumah akibat banjir bandang yang menerjang negara itu.

Kantor berita negara KCNA melaporkan, hujan deras di semenanjung Korea, membawa banjir ke Korea Utara dan Selatan dalam beberapa hari terakhir. Kekhawatiran berkembang tentang kerusakan tanaman, dan potensi dampaknya terhadap persediaan makanan di Korea Utara.

“Merupakan prioritas penting untuk segera memasok bahan-bahan makanan, komoditas sehari-hari, obat-obatan dan kebutuhan lainnya kepada orang-orang yang terkena dampak banjir untuk menstabilkan kehidupan mereka,” kata Kim dalam komentar yang dirilis KCNA.

Kim membuat pernyataan tersebut saat mengunjungi wilayah yang dilanda banjir di Provinsi Hwanghae Utara, di perbatasan Korea Selatan. Dalam kunjungan itu, Kim juga mengklarifikasi tugas untuk pekerjaan pemulihan dengan pejabat di sana.

Hujan deras selama beberapa hari menggenangi lebih dari 730 rumah di Korea Utara, dan menghancurkan 179 di antaranya, serta membanjiri lahan pertanian. Hingga saat ini tidak ada korban yang dilaporkan dalam bencana itu.

Rekaman televisi pemerintah menunjukkan Kim mengunjungi daerah pedesaan di mana sungai yang banjir menghancurkan tanah pertanian dan atap beberapa rumah runtuh.

Kim juga akan memobilisasi tentara untuk melakukan rehabilitasi, khususnya pekerjaan di rumah dan jalan. Dia juga meminta arsitek untuk membangun 800 rumah percontohan di desa pertanian yang terkena dampak parah di Unpha County.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here