Rusia Daftarkan Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia

Ilustrasi pembuatan vaksin virus Covid-19. Antara

Indonesiainside.id, Moskow – Gamelei Moskow Centre bakal mendaftarkan vaksin virus corona pertama di dunia pada 12 Agustus nanti. Langkah itu akan diikuti oleh Pemerintah Rusia yang akan memprioritaskan pemberian imunisasi bagi petugas medis dan lansia.

Menteri senior Departemen Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko, mengumumkan minggu lalu bahwa program vaksinasi massal nasional direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober. Murashko menambahkan, semua biaya akan ditanggung oleh pemerintah.

“Pendaftaran vaksin yang dikembangkan di Gamelei Center akan dilakukan pada 12 Agustus,” kata kata wakil menteri kesehatan Rusia Oleg Gridnev kepada wartawan di Ufa, Jumat pagi, seperti dikutip RIA Novosti.

“Sekarang tahap terakhir, ketiga, sedang berlangsung. Ini adalah bagian pengujian dan sangat penting. Kami harus menjamin bahwa vaksin itu sendiri harus aman.”lanjutnya.

Kementerian Kesehatan Rusia dalam sebuah pernyataan resmi menjelaskan bahwa “dokumen yang diperlukan untuk registrasi vaksin yang dikembangkan oleh Gamelei Center, termasuk data dari uji klinis, sedang dalam pemeriksaan. Masalah pendaftarannya akan diputuskan pada hasil pemeriksaan.”

Uji klinis formula tersebut telah dimulai di Universitas Sechenov Moskow pada 18 Juni lalu. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 38 sukarelawan, formula tersebut lolos protokol keamanan bagi manusia.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semua orang yang ambil bagian uji coba tersebut, memiliki kekebalan terhadap infeksi Covid-19.

“Semua sukarelawan dalam uji coba Covid-19 Rusia dalam keadaan sehat saat tes, menunjukkan obat baru ‘Avifavir’ mampu menahan masuknya virus,”katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here