Gandeng Perusahaan China, Saudi Gelar Uji Klinis Tahap 3 Vaksin Covid-19 di Jeddah, Makkah, dan Damman

Indonesiainside.id, Jeddah – Tahap ketiga dari uji klinis vaksin Covid-19 akan dilakukan pada setidaknya 5.000 relawan di Arab Saudi setelah menyelesaikan tes tahap kedua. Uji klinis ini datang sebagai bagian dari perjanjian anatara Kementerian Kesehatan Saudi dengan perusahaan pengembangan vaksin asal China, CanSino.

Dilansir Arab News, dalam upaya mempercepat vaksin melawan virus corona, Kementerian Kesehatan mengumumkan kesiapannya untuk meluncurkan fase ketiga di sejumlah pusat kesehatan di seluruh Riyadh, Makkah dan Dammam.

Temuan uji coba terkontrol secara acak pertama, yang diterbitkan di The Lancet itu, menghasilkan vaksin yang tampak aman dan memicu respons imun yang signifikan di sebagian besar pasien penerima pada fase kedua.

Kementerian mengatakan bahwa vaksin tersebut menggunakan virus flu yang tidak berbahaya, yang dikenal sebagai adenovirus type-5 (Ad5), untuk membawa materi genetik dari virus corona ke dalam tubuh. Dan kementerian menambahkan, para sukarelawan yang ikut ambil bagian dalam uji klinis tersebut berusia di atas 18 tahun.

Sementara itu, juru bicara kementerian, Dr Mohammed Al-Abd Al-Aly mengatakan pada konferensi pers pada Ahad (9/8), bahwa analisis epidemiologi menunjukkan fluktuasi dalam kasus virus corona yang dikonfirmasi. Ada sedikit peningkatan, yang disebabkan dari pertemuan sosial selama Idul Adha oleh warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. “Angka-angka ini saat ini sedikit meningkat, tetapi mereka bukan penyebab utama wabah atau cluster saat ini,” katanya.

Perkiraan pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan kritis menurun dalam tiga hari terakhir, dan kurva saat ini menunjukkan penurunan perawatan hingga 5,5 persen. Saat ini terdapat 1.816 pasien di Arab Saudi yang menerima perawatan kritis.

Kerajaan mencatat 1.428 kasus baru pada Ahad (9/8), meningkatkan jumlah total infeksi menjadi 288.690 sejak awal pandemi. Selain itu, ada 1.599 pasien sembuh, yang meningkatkan jumlah pemulihan menjadi 252.039. Saat ini terdapat 33.484 kasus aktif.

Arab Saudi juga mencatat 37 kematian baru pada Ahad (9/8), meningkatkan jumlah kematian akibat virus corona menjadi 3.167 kasus. Kementerian melaporkan, ada 58.424 uji reaksi berantai polimerase yang dilakukan dalam 24 jam terakhir, meningkatkan jumlah pengujian di Kerajaan menjadi lebih dari 3,8 juta. (Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here