Jika Benar Serius Ingin Membantu, Iran Desak AS Cabut Sanksi terhadap Lebanon

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Seyyed Abbas Mousav/IP

Indonesiainside.id, Teheran – Iran mendesak Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi mereka terhadap Lebanon. Republik Islam itu juga mengimbau negara lain untuk menahan diri dari mempolitisasi ledakan Beirut pekan lalu, yang menewaskan sedikitnya 158 orang dan menyebabkan lebih dari 6.000 lainnya luka-luka.

Komentar Iran pada Senin (10/8), datang sehari setelah para pemimpin internasional menjanjikan bantuan kemanusiaan senilai $300 juta atau sekitar Rp4,2 triliun untuk Lebanon, menyusul ledakan dahsyat yang juga menyebabkan lebih dari 300.000 orang kehilangan tempat tinggal di ibu kota.

“Ledakan itu tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk tujuan politik. Penyebab ledakan itu harus diselidiki dengan hati-hati,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi pada konferensi pers yang disiarkan televisi nasional, Senin (10/8). “Jika Amerika jujur ​​tentang tawaran bantuannya ke Lebanon, mereka harusnya mencabut sanksi.”

Bantuan internasional yang diumumkan pada Ahad (9/8) tersebut, rencananya akan dikirim langsung ke penduduk Lebanon, dan kelompok donor juga menawarkan dukungan untuk penyelidikan yang tidak memihak, kredibel dan independen.

“Pemerintah Lebanon sekarang harus melaksanakan reformasi politik dan ekonomi yang diminta oleh rakyat Lebanon, dan yang akan memungkinkan komunitas internasional untuk bertindak secara efektif bersama Lebanon untuk rekonstruksi,” kata Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang mengetuai konferensi donor virtual pada Ahad (9/8).

Macron sebelumnya mengunjungi jalan-jalan Beirut yang hancur pada Kamis (6/8), dua hari setelah ledakan terjadi. Ditanya terkait kunjungan tersebut, Mousavi tidak menjawab secara langsung namun menjawab dengan menyindir. “Beberapa negara mencoba mempolitisasi ledakan ini untuk kepentingan mereka sendiri,” katanya, yang dilansir Al Jazeera. (SD)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here