Ledakan Sasar Konvoi Pengangkut Peralatan Militer AS di Dekat Perbatasan Irak-Kuwait

Militer Irak.

Indonesiainside.id, Basra – Sebuah ledakan menargetkan konvoi yang membawa peralatan militer untuk pasukan Amerika Serikat (AS), pada Senin (10/8) malam. Insiden tersebut terjadi saat konvoi melintas di dekat perbatasan antara Irak dan Kuwait.

Belum jelas apakah ada pasukan AS dalam konvoi itu, atau apakah ada yang terluka dalam ledakan tersebut, yang meledak sebelum jam 9 malam, waktu Baghdad. Menurut sebuah sumber keamanan, ledakan itu disebabkan oleh milisi Muslim Syiah Irak yang menargetkan konvoi kendaraan yang mengangkut peralatan militer AS di dekat perbatasan, dengan menyelundupkan alat peledak ke tempat itu.

Dikatakan, sejumlah kendaraan secara teratur memuat peralatan militer,  melintasi perbatasan. Beberapa kargo biasanya dimuat atau dibongkar sebelum memasuki atau keluar Irak.

Sebuah kelompok milisi Syiah Irak yang kurang dikenal bernama Ashab Al-Kahf mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dan menerbitkan video yang menunjukkan ledakan di kejauhan. Dikatakan mampu menghancurkan peralatan militer AS dan sebagian besar penyeberangan. Kedutaan Besar AS di Kuwait mengatakan sedang menyelidiki masalah tersebut, kutip Arab News. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here