Teka Teki Wakil Presiden Wanita Pilihan Joe Biden akan Terjawab Minggu Ini

Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden

Indonesiainside.id, Washington – Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, dikabarkan akan mengumumkan calon wakil presiden pilihannya, secepatnya dalam minggu ini.  Biden dan calon wakil presidennya akan secara resmi menerima pencalonan partai pada Konvensi Nasional Demokrat, yang dijadwalkan berlangsung pada 17-20 Agustus, dan Biden diharapkan untuk mengumumkan pilihannya sebelum konvensi dimulai.

The New York Times melaporkan sebelumnya, pada Senin (10/8) bahwa Biden berencana untuk mengumumkan pilihannya secepatnya pada Selasa (11/8), tetapi kemungkinan besar pada Rabu (12/8), mengutip dari orang dekat Biden yang ikut dalam proses seleksi.  Joe Biden, mantan wakil presiden di pemerintahan Barack Obama, berkomitmen untuk memilih seorang wanita sebagai pasangannya dan mendapat tekanan yang meningkat dari beberapa pemimpin dan aktivis Demokrat agar wakilnya itu dari komunitas kulit hitam.

Mereka berpendapat bahwa Biden akan mendapat antusiasme di antara pemilih kulit hitam yang sangat penting bagi basis Demokrat dan harapannya untuk menggulingkan Presiden Donald Trump dalam pemilihan November nanti. Apalagi dalam beberapa bulan terakhr, AS dicengkeram dengan aksi protes terhadap ketidakadilan rasial.

Aimee Allison, pendiri She the People, sebuah kelompok yang mempromosikan wanita kulit berwarna dalam politik, berpendapat bahwa akan sembrono secara politik jika Biden tidak memilih wanita kulit berwarna. “Itu keputusan paling penting yang dapat diambil kubu Biden untuk menentukan pilihan,” katanya. “Memilih perempuan kulit hitam untuk tiket adalah penegasan bahwa kami termasuk dalam visi pemerintahan.”

Dilansir Channel News Asia, Senator Kamala Harris dari California, dan mantan penasihat keamanan nasional, Susan Rice, yang keduanya mewakili komunitas kulit hitam AS, digadang-gadang termasuk di antara pesaing utama untuk wakil Biden. Menurut Karen Bass, seorang petinggi partai Demokrat, bahwa seorang anggota parlemen kulit hitam dari California, dan sejumlah wanita lainnya sedang dipertimbangkan secara serius oleh Biden. Mereka termasuk senator Elizabeth Warren dan Tammy Duckworth, Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham, dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

Pilihan Biden, yang paling penting dalam karir politiknya, menarik banyak perhatian mengingat usianya. Jika dia mengalahkan Trump, dia akan berusia 78 tahun pada hari pelantikan Januari tahun depan, presiden AS tertua dalam sejarah, dan ada kemungkinan dia hanya akan mencari masa jabatan empat tahun. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here