China Tangguhkan Penerbangan Tiga Maskapai Karena Covid-19

Pesawat penumpang jumbo Boeing 747 terakhir milik maskapai nasional Australia Qantas lepas landas dari Sydney, Australia, Rabu (22/7/2020). Xinhua/Bai Xuefei

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan regulator penerbangan sipil China mengumumkan bahwa penerbangan rute Abu Dhabi-Shanghai milik Etihad Airways, penerbangan rute Manila-Shanghai milik China Eastern Airlines, dan penerbangan rute Colombo-Shanghai milik SriLankan Airlines akan ditangguhkan setelah beberapa penumpangnya teruji positif Covid-19 dalam penerbangan baru-baru ini.

Enam penumpang teruji positif di penerbangan EY862 milik Etihad Airways pada 3 Agustus, sementara enam kasus positif tercatat di penerbangan MU212 milik China Eastern Airlines pada 5 Agustus, dan 23 kasus positif ditemukan di penerbangan UL866 milik SriLankan Airlines pada 7 Agustus, papar sebuah pernyataan yang diunggah pada Rabu (12/8) di situs web Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China/CAAC).

Keputusan penangguhan tersebut diambil Selasa (11/8).

Penangguhan penerbangan Etihad Airways dan China Eastern Airlines akan berlangsung selama sepekan mulai 17 Agustus, sedangkan penerbangan SriLankan Airlines akan ditangguhkan selama empat pekan.

Guna membendung penyebaran Covid-19 lebih lanjut, mekanisme pemberian penghargaan (reward) dan penjatuhan penangguhan diterapkan oleh CAAC mulai 4 Juni lalu.

Menurut kebijakan CAAC, jika semua penumpang sebuah maskapai yang tiba di China teruji negatif coronavirusbaru selama tiga pekan berturut-turut, maka maskapai yang beroperasi tersebut akan diizinkan menambah jumlah penerbangannya menjadi dua per pekan.

Jika jumlah penumpang yang teruji positif mencapai angka lima orang, penerbangan maskapai tersebut akan ditangguhkan selama sepekan. Jika jumlah penumpang yang teruji positif mencapai 10 orang, penangguhan akan diberlakukan selama empat pekan.

CAAC juga menyampaikan bahwa ketiga maskapai tersebut tidak diizinkan mengalihkan kuota asal untuk EY862, MU212, dan UL866 ke rute lain. (EP/xh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here