Di Tengah Lomba Produksi Vaksin Covid-19, Inggris Siap Beli Lebih Banyak Vaksin dari J&J dan Novavax

Foto yang disediakan oleh Dana Investasi Langsung Rusia (Russian Direct Investment Fund/RDIF) ini menunjukkan vaksin COVID-19 yang dikembangkan laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya di Moskow, Rusia, Kamis (6/8/2020). Xinhua/RDIF

Indonesiainside.id, London – Inggris akan membeli vaksin Covid-19 potensial dari perusahaan obat AS Johnson & Johnson (J&J) dan Novavax Inc. Kabar tersebut disampaikan langsung kedua perusahaan.

Dengan demikian, sudah enam kesepakatan yang dibuat Pemerintah Inggris dalam pembelian vaksin pada saat perlombaan produksi penawar Covid-19 tersebut memanas. Johnson & Johnson mengatakan unit Janssen Pharmaceutica akan memasok Pemerintah Inggris dengan kandidat vaksin buatannya, yang dikenal sebagai Ad26.COV2.S, dengan penjualan awal 30 juta dosis secara nirlaba untuk penggunaan pandemi darurat.

Perjanjian pembelian di muka juga akan menyediakan opsi untuk pembelian tambahan hingga 22 juta dosis. Dalam pernyataan terpisah, Novavax mengatakan Inggris akan membeli 60 juta dosis kandidat vaksin virus corona, NVX-CoV2373, untuk uji klinis tahap ketiga.

Dengan masing-masing enam kesepakatan sejauh ini, Inggris dan Amerika Serikat memimpin perlombaan global untuk mencapai kesepakatan dengan para perusahaan pembuat obat guna mendapatkan vaksin saat pandemi Covid-19 terus merajalela. Perjanjian terbaru itu membuat jaminan ketersediaan dosis vaksin di Inggris menjadi 362 juta bagi penduduknya yang berjumlah 66 juta jiwa.

J&J mengatakan pihaknya juga setuju untuk bekerja sama dengan Pemerintah Inggris dalam uji coba tahap tiga secara global untuk mengeksplorasi paket dua dosis kandidat vaksinnya. Pengujian itu akan berjalan paralel dengan uji coba Tahap 3 yang menyelidiki program dosis tunggal. Belum ada vaksin yang terbukti berhasil, tetapi lebih dari 20 kandidat sedang berada pada tahap uji klinis. (ASF/ANT)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here