Kabar Gembira, Malaysia Izinkan Tenaga Kerja Indonesia Kembali Aktif

Ilustrasi TKI. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Kuala Lumpur – Malaysia memutuskan untuk mencabut aturan pembatasan dalam mempekerjakan pekerja asing termasuk dari Indonesia, yang dimaksudkan untuk memberi peluang lebih banyak kepada penduduk lokal setempat.  Bulan lalu, Kementerian Sumber Daya Manusia mengatakan, perekrutan tenaga kerja asing akan dibatasi pada sektor konstruksi, pertanian dan perkebunan, sebuah langkah untuk meningkatkan peluang kerja penduduk setempat yang terdampak pandemi virus corona.

Kementerian mengatakan lebih dari 67.000 pekerja lokal dan lebih dari 4.700 pekerja asing kehilangan pekerjaan mereka pada Juli. “Namun, ada beberapa pengusaha yang mengaku masih membutuhkan sejumlah tenaga kerja asing dan mendesak pemerintah untuk mencabut pembekuan perekrutan tenaga kerja asing baru,” kata Menteri Saravanan Murugan dalam pernyataannya.

Saravanan mengimbau pengusaha untuk memprioritaskan pengisian lowongan kerja dengan pekerja lokal sebelum mempertimbangkan untuk mempekerjakan kembali pekerja asing yang masih berada di Malaysia dengan izin kerja yang masih berlaku. Dilansir Arab News, para peekerja asing, yang jika dipekerjakan kembali, harus bekerja di sektor yang sama dengan tempat mereka bekerja sebelumnya. Diketahui, Malaysia menampung sekitar 2,1 juta pekerja asing yang terdokumentasi, dan didominasi oleh tenaga kerja asal Indonesia. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here