Buka Hubungan dengan Israel, Turki akan Tangguhkan Hubungan Diplomatik dengan UEA

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: Daily Sabah

Indonesiainside.id, Istanbul– Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (14/8) mengungkapkan bahwa Turki mungkin akan menangguhkan hubungan diplomatik dengan Uni Emirat Arab (UEA). Turki kemungkinan juga akan menarik duta besarnya akibat normalisasi negara Teluk itu dengan Israel.

“Kami mendukung rakyat Palestina. Kami tidak akan membiarkan Palestina kalah, atau membiarkannya dikalahkan,” kata Erdogan kepada wartawan di Istanbul.  “Saya telah memberikan instruksi yang diperlukan kepada menteri luar negeri saya. Kami mungkin akan menangguhkan hubungan diplomatik (dengan UEA) atau menarik duta besar kami,” ujarnya menekankan.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis sebelumnya pada hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan bahwa “sejarah dan hati nurani rakyat di kawasan itu tidak akan memaafkan tindakan munafik UEA.”

Turki meyakini kesepakatan itu, yang akan mengarah pada normalisasi penuh hubungan diplomatik antara UEA dengan Israel, akan mengabaikan keinginan Palestina.  Selain itu, Juru Bicara Kepresidenan Turki Ibrahim Kalin mengatakan lewat Twitter bahwa “kebijakan mereka yang menyedihkan tidak akan menjadi penghalang, namun justru akan memberikan kekuatan bagi orang-orang yang percaya pada keadilan, kebebasan, dan kehormatan.”

Israel dan UEA pada Kamis (13/8) mencapai kesepakatan untuk menormalisasi penuh hubungan diplomatik kedua negara. (Ant/xh/NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here