Dampak Pandemi, Banyak Perusahaan Jepang Tawarkan Pensiun Dini

Ilustrasi pensiun dini atau tawaran pensiun sukarela. Foto: antara

Indonesiainside.id, Tokyo – Sebuah perusahaan penelitian swasta Tokyo Shoko Research mengatakan sejauh ini 52 perusahaan yang terdaftar pada bursa saham di Jepang telah menawarkan program pensiun dini atau pensiun sukarela kepada para karyawannya pada tahun ini.

Perusahaan tersebut mengatakan tawaran tersebut secara total diajukan kepada 9.323 karyawan antara 1 Januari dan 13 Agustus. Tawaran itu dikatakan telah melonjak sejak bulan lalu akibat dampak pandemi virus corona.

Hingga Juni, jumlah perusahaan yang menawarkan program pensiun tersebut melampaui jumlah tahun lalu yang tercatat sebanyak 35.

Namun, untuk pertama kalinya dalam delapan tahun, tercatat lebih dari 50 perusahaan yang menawarkannya hingga pertengahan Agustus.

Delapan perusahaan di antaranya merupakan perusahaan pakaian dan tekstil. Sementara itu, sejumlah tujuh adalah perusahaan peralatan elektronik dan sebanyak lima merupakan produsen otomotif dan peralatan transportasi. Perusahaan ritel dan pengelola restoran masing-masing diwakili oleh empat perusahaan.

Sebagai alasan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja perusahaan, lima belas perusahaan menyebut melambatnya usaha karena pandemi. Jumlah tersebut hampir meningkat dua kali lipat selama enam pekan terakhir.

Apabila dampak dari pandemi terus berlanjut, Tokyo Shoko Research memperkirakan lebih banyak perusahaan akan mendorong karyawannya untuk melakukan pensiun dini.(EP/NHK)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here