Lomba Cipta Pantun di KBRI Paris

Lomba pantun ini diselenggarakan untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus menggali potensi penyair pantun di kalangan pelajar. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Paris – Beragam orang merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus 2020, ini. Di KBRI Paris, merayakan Ultah RI yang ke-75 tahun ini dengan cara yang lain. Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pemerintah Prancis masih membatasi jumlah orang berkumpul. Oleh karena itu, KBRI Paris menyelenggarakan upacara dan pesta rakyat secara virtual yang dihadiri seluruh WNI di Prancis.

Upacara dimulai pukul 09.45 CEST melalui zoom, setelah itu dilanjutkan pesta rakyat virtual yang berisi pengumuman pemenang lomba video kreatif, cipta pantun, dan dessert merah putih, hiburan dari kita untuk kita serta kuis berhadiah.

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang merupakan bagian dari budaya Indonesia, yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta memiliki sampiran dan isi. Atdikbud KBRI Paris dalam rangka memperingati HUT RI, tahun ini mengadakan lomba pantun untuk seluruh pelajar Indonesia di Prancis. Lomba pantun ini diselenggarakan untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus menggali potensi penyair pantun di kalangan pelajar.

Lomba pantun ini disambut meriah oleh para pelajar Indonesia di Prancis yang dikenal dengan PPI Prancis. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme mereka mengirimkan karyanya sejak hari pertama lomba ini diumumkan pada 9 Agustus 2020. Seluruh peserta telah mengumpulkan hasil karya pantunnya yang terdiri dari 2 bait melalui email pada 13 Agustus lalu dan telah melalui penjurian selama 3 hari. Terpilih sebanyak 36 pantun yang difinalkan dan dinilai oleh dewan juri.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here