Menteri Filipina Terinfeksi Covid-19 untuk Kedua Kalinya

Menteri Dalam Negeri Eduardo Ano

Indonesiainside.id, Manila–Seorang menteri Filipina menemukan positif Covid-19 untuk kedua kalinya dalam lima bulan. Setelah awalnya didiagnosis, pihak berwenang Filipina kemarin mengatakan para ahli sedang menyelidiki apakah menteri itu terinfeksi kembali.

Menteri Dalam Negeri Eduardo Ano, yang mengepalai tim tanggapan virus negara itu, dinyatakan positif pada hari Sabtu (15/8) setelah menderita gejala demam dan flu pekan lalu.  Dia pertama kali didiagnosis dengan Covid-19, Maret lalu, tetapi dia tidak menunjukkan gejala apa pun saat itu.

Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa pasien yang pulih dari Covid-19 dapat kehilangan kekebalan dalam beberapa bulan atau minggu. Menteri Kesehatannya Maria Rosario Vergeire mengatakan para ahli menganalisis gejala Ano berdasarkan tes positif sebelumnya dan menunggu hasil laboratorium untuk melihat apakah itu infeksi kedua.

“Hanya saja saat ini belum disimpulkan bahwa itu adalah infeksi ulang. Ini karena belum ada bukti ilmiah yang memastikannya,” ujarnya.

Ano diuji ulang setelah dia bertemu dengan Presiden Rodrigo Duterte dan menteri kabinet lainnya kemarin untuk memutuskan karantina yang sama di Kota Manila. Karantina juga akan diberlakukan  di empat provinsi tetangga yang akan diperpanjang selama dua minggu lagi karena berakhir minggu ini.

Filipina mencatat lebih dari 160.000 kasus, tertinggi di Asia Tenggara dengan lebih dari 2., 600 kematian, lebih dari seperempat infeksi aktif.  Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sumber Daya Manusia telah menginstruksikan masyarakat untuk memakai masker wajah serta memerintahkan penutupan tempat kerja mereka setelah wabah terdeteksi di kantin kantor. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here