LSM Jerman Tawarkan Pengobatan Untuk Tokoh Oposisi Rusia yang Tak Sadarkan Diri Karena Diracun

Alexei Navalny jatuh sakit saat berada penerbangan. Foto: BBC

Indonesiainside.id, Jakarta – Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny kini tidak sadarkan diri di rumah sakit karena diduga keracunan sehingga pesawat harus melakukan pendaratan darurat di Omsk.

Dokter mengatakan ia dalam keadaan koma dan mereka berusaha menyelamatkan nyawanya.

Atas kejadian itu sebuah yayasan perdamaian Jerman berharap dapat mengirimkan ambulans udara untuk membawa Alexei Navalny ke Berlin guna mendapatkan perawatan maksimal.

“Peralatan medis dan dokter-dokter spesialis juga telah siap untuk menjemput Navalny,” kata kepala LSM Cinema for Peace Jerman, dilansir BBC News, Jumat(21/8).

Rumah sakit Berlin Charite mengaku siap untuk merawat kritikus setia Presiden Rusia Vladimir Putin, kata Jaka Bizilj, direktur yayasan Cinema For Peace.

“Kami sedang melakukan kontak dengan pihak berwenang dan berharap semua izin transportasi dan laporan medis pasien koma diberikan malam ini,” tambahnya, Kamis malam.

Tim Navalny yang menjadi juru kampanye antikorupsi itu menduga ada sesuatu yang dicampurkan ke dalam teh yang diminum Navalny di kafe bandara.

Navalny, 44 tahun, merupakan salah satu pengkritik Presiden Vladimir Putin paling konsisten selama bertahun-tahun.

Pada Juni lalu, ia menggambarkan proses pemungutan suara untuk melakukan reformasi konstitusi sebagai “kudeta” dan “pelanggaran konstitusi”. Reformasi itu memungkinkan Putin untuk berkuasa selama dua masa jabatan lagi.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab berkata ia “sangat khawatir” dengan laporan bahwa Navalny telah diracuni, dan menyampaikan belasungkawa kepada Navalny dan keluarganya.(EP/BBC)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here