Pemimpin Oposisi Rusia yang Diduga Diracun Akhirnya Diterbangkan ke Jerman

Indonesiainside.id, Moskow – Dokter yang merawat Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny, yang diduga diracun pada hari Jumat, setuju untuk mengizinkannya dibawa ke Jerman untuk perawatan setelah mendapat tekanan dari keluarga dan pembantunya.

Sebuah tim dokter di kota Omsk di Siberia, tempat Navalny yang tidak sadarkan diri dirawat di unit perawatan intensif mengubah pendirian awal mereka meskipun sebelumnya bersikeras untuk tidak memindahkannya karena kondisinya yang kritis.

Istri dari pengacara berusia 44 tahun dan pejuang antikorupsi Yulia mengajukan banding kepada Presiden Vladimir Putin dan mengklaim bahwa pihak berwenang negara telah menunda upaya untuk menyelamatkan suaminya.

“Kami telah memutuskan bahwa kami tidak akan memblokir pemindahan perawatan ke rumah sakit lain yang diminta oleh keluarganya,” kata dokter rumah sakit Omsk Anatoly Kalinichenko kepada wartawan.

Ia mengatakan kondisi Navalny relatif stabil dan istri serta keluarganya bertanggung jawab atas segala risiko karena ingin memindahkannya.

Pesawat tersebut dilaporkan lepas landas pada hari Jumat, tetapi ditolak oleh Kementerian Kesehatan Daerah, yang kemudian mengatakan penerbangan akan dilakukan pada Sabtu pagi karena awak penerbangan Jerman perlu istirahat tetapi tidak memberikan waktu yang tepat, ujar kantor berita Rusia TASS melaporkan.

Dokter dari Jerman sebelumnya mengunjungi Navalny Jumat dini hari bersama anggota LSM.

Dokter mengatakan mereka ‘mampu dan mau’ menerbangkan Navalny ke Berlin.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here