Turki Kembali Tangkap Orang-orang yang Diduga Berhubungan dengan Gulen

Penangkapan Pendukung Gulen. Foto: AA

Indonesiainside.id, Istanbul – Pasukan keamanan Turki menangkap 36 orang terkait dugaan memiliki hubungan dengan Fetullah Gulen, kata sumber keamanan pada Sabtu.

Para tersangka dituduh berhubungan dengan afiliasi teror melalui telepon pribadi dan telepon umum, kata sumber yang minta identitasnya dirahasiakan.

Sebanyak 47 tersangka – termasuk 34 personel militer aktif – ditahan pada 18 Agustus dalam operasi di provinsi Izmir barat.

Para tersangka diajukan ke pengadilan dan 11 diantaranya dibebaskan.

Gulen kinj tinggal di AS, dan dituduh mengatur kudeta yang gagal pada 15 Juli 2016 di Turki, di mana 251 orang menjadi martir dan hampir 2.200 terluka. Namun,Gulen membantah tuduhan itu dan menyatakan kejadian itu rekayasa.

Ankara menuduh Gulen berada di balik kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara dengan infiltrasi lembaga-lembaga pemerintah Turki, terutama militer, polisi, dan pengadilan.

Sebelumnya, penangkapan atas jurnalis, aktivis dan masyarakat yang kritis terhadap pemerintah Turki dilakukan dengan dalih mereka memiliki hubungan dengan kudeta yang gagal. (ALF/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here