Erdogan: Penemuan Cadangan Gas Alam di Laut Hitam Jadi Awal Kabar Baik

Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Istanbul – Penemuan cadangan gas alam di Laut Hitam minggu lalu merupakan awal dari kabar baik yang akan datang dari Mediterania, kata presiden Turki pada Senin.

Ada bukti substansial bahwa penemuan gas alam menandakan penemuan gas yang jauh lebih besar, dan semoga kabar baik akan terus berlanjut, ungkap Recep Tayyip Erdogan setelah pertemuan Kabinet di istana kepresidenan.

Peringatan Navtex Yunani ‘tindakan manja’

Erdogan juga menyebut peringatan Navtex Yunani pada Senin sebagai “tindakan manja” yang membahayakan keamanan wilayah pesisir dan navigasi semua kapal di wilayah tersebut.

Navtex Athena pada Minggu mengatakan pasukan udara dan angkatan lautnya akan mengadakan latihan bersama di daerah yang tumpang tindih dengan yang dideklarasikan oleh Turki.

Mulai sekarang, Yunani akan bertanggung jawab atas semua konflik di kawasan itu, dan akan mengalami kerugian, tambah Erdogan.

Kapal Turki Oruc Reis dan kapal yang menyertainya tidak akan mundur dari aktivitas mereka di wilayah tersebut, sebut Erdogan.

Turki pada Minggu mengeluarkan Navtex (peringatan navigasi) yang mengumumkan perpanjangan empat hari untuk eksplorasi energi Oruc Reis.

Navtex adalah sistem komunikasi maritim yang memungkinkan kapal menginformasikan kapal lainnya tentang keberadaan mereka di suatu daerah, serta informasi lainnya.

Turki memulai kembali eksplorasi energi awal bulan ini di Mediterania Timur setelah Yunani dan Mesir menandatangani kesepakatan pembatasan maritim yang kontroversial.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here