Mayoritas Warga Brasil Dukung Pelestarian Hutan Amazon

Indonesiainside.id, Rio – Sekitar 83 persen warga Brasil mendukung langkah-langkah yang lebih tegas untuk memerangi deforestasi di hutan hujan Amazon, menurut sebuah survei yang dirilis pada Kamis (27/8).

Survei tersebut, yang dilakukan oleh lembaga jajak pendapat Ipespe dan diterbitkan oleh Federasi Bank Brasil (Febraban), menunjukkan bahwa 67 persen partisipan menentang pengurangan area cagar alam pribumi (indigenous reserves) dan 86 persen partisipan menentang perizinan penambangan di area itu.

Menurut Febraban, survei tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Brasil “sangat mementingkan pelestarian lingkungan, menaruh perhatian penuh pada hutan Amazon, dan sangat sadar akan pentingnya ekosistem bagi negara, masyarakat, dan kehidupan mereka sendiri.”

Hasil survei tersebut “menjanjikan akan mendukung konsensus luas yang menetapkan perlindungan hutan dan pembangunan berkelanjutan di kawasan itu sebagai pedoman prioritas,” sebut pihak federasi perbankan tersebut.

Mengenai kedaulatan Brasil atas kawasan tersebut, 54 persen rakyat Brasil mengatakan bahwa masyarakat internasional memiliki hak untuk mendesak upaya pelestarian. Sementara itu, 41 persen lainnya mengatakan negara lain seharusnya tidak perlu memberikan pendapat mengenai kebijakan hutan.

Menurut pendapat dari 77 persen masyarakat, aksi deforestasi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sementara 14 persen lainnya mengatakan bahwa tingkat deforestasi tetap sama.

Menurut pendapat 48 persen partisipan, aksi penebangan kayu merupakan penyebab deforestasi terbesar, disusul oleh perampasan lahan (14 persen), peternakan (11 persen), dan penambangan liar (11 persen).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here