Mantan Deputi Partai AKP terjangkit Corona di Penjara

İlhan İşbilen, mantan deputi parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP). Foto: Twitter

Indonesiainside.id, Istanbul – İlhan İşbilen, mantan deputi parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Turki, dirawat di rumah sakit setelah tertular COVID-19 di Penjara Sincan Ankara.

Kantor berita TurkishMinute melansir bahwa pada hari Jumat, İşbilen, (74), dibawa ke Rumah Sakit Penelitian dan Pendidikan Ankara, Dışkapı Yıldırım Beyazıt, setelah kesehatannya memburuk setelah positif Corona di penjara.

Salah satu pengusaha ternama Turki itu, didiagnosis dengan COVID-19 pada pertengahan September tetapi hanya dimasukkan ke dalam isolasi tanpa dibawa ke rumah sakit.

Akın İpek, seorang pengusaha yang tinggal di pengasingan, mengkritik otoritas Turki di Twitter, menuduh mereka melakukan “percobaan pembunuhan”.

“İlhan İşbilen, yang berusia 74 tahun dan telah diisolasi di [Penjara] Sincan selama bertahun-tahun, telah dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Teman! Ini bukan percobaan pembunuhan, ”cuit İpek pada Kamis malam, mengacu pada kelalaian pihak berwenang dalam menghadapi pandemi.

İşbilen dilaporkan mengajukan permohonan pembebasan dalam masa percobaan berkali-kali karena risiko tinggi penyebaran virus korona di penjara yang penuh sesak. Namun, sebagai penentang rezim Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, petisinya ditolak oleh pihak berwenang. 

Parlemen mengesahkan undang-undang pada bulan April yang memungkinkan pembebasan puluhan ribu tahanan untuk mengurangi kepadatan di penjara dan melindungi tahanan dari virus corona. Namun, RUU tersebut mengecualikan narapidana yang dipenjara atas tuduhan terorisme, termasuk İşbilen dan banyak lainnya terlibat dalam tindakan keras setelah upaya kudeta pada tahun 2016.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here