Amy Coney Barrett Dicalonkan Jadi hakim Mahkamah Agung AS

Amy Coney Barrett

Indonesiainside.id, Washington – Presiden Donald Trump resmi mencalonkan Amy Coney Barrett menjadi hakim Mahkamah Agung, dalam upacara di Taman Mawar di Gedung Putih, Sabtu (26/9).

“Hari ini merupakan kehormatan bagi saya untuk menominasikan salah satu pemikir hukum paling cemerlang dan berbakat di negara kita ke Mahkamah Agung,” kata Trump.

Trump mengatakan Barrett akan menjadi “ibu pertama” dari anak-anak usia sekolah yang menjabat sebagai hakim agung di mahkamah tersebut.

Jika dikukuhkan oleh Senat untuk menggantikan ikon liberal Ruth Bader Ginsburg, yang meninggal dalam usia 87 tahun pada 18 September, Barrett akan menjadi wanita kelima yang pernah bertugas di pengadilan tersebut dan akan mendorong mayoritas susunan hakim agung konservatif menjadi 6-3.

Seperti dua orang yang ditunjuk Trump lainnya, Neil Gorsuch pada 2017 dan Brett Kavanaugh pada 2018, Barrett masih cukup muda sehingga dia dapat berkiprah selama beberapa dekade untuk menjalankan jabatan itu seumur hidup, sekaligus melanggengkan jejak konservatif di mahkamah.

Barrett adalah calon hakim agung termuda sejak Clarence Thomas, sosok konservatif berusia 43 tahun pada 1991.

Barrett pernah menjabat sebagai asisten Antonin Scalia, salah satu hakim konservatif agung paling berpengaruh dalam sejarah baru-baru ini. Ia menggambarkan Scalia, yang meninggal dunia pada 2016, sebagai mentor yang memberikan “pengaruh tak terhitung” dalam hidupnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here