Erdogan Tegaskan Kepentingan Turki di Mediterania Tidak Bisa Ditawar

Armada laut Turki mengawal kapal eksplorasi di Mediterania. Foto: HN

Indonesiainside.id, Ankara – Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan, Turki terus melindungi hak dan kepentingan maritimnya “dengan kemauan yang kuat dan keyakinan yang tak tergoyahkan di Mediterania.

“Dengan kesadaran betapa pentingnya untuk mempertahankan Tanah Air Biru kami, kami terus melindungi hak dan kepentingan kami di laut kami dengan kemauan yang kuat dan keyakinan yang tak tergoyahkan,” kata Recep Tayyip Erdoğan dalam pesan menjelang Hari Angkatan Laut Turki, ditandai setiap tahun pada 27 September, hari peringatan Pertempuran Preveza.

“Turki akan terus memperkuat Angkatan Lautnya untuk melindungi Blue Homeland, memastikan keamanan, dan menghalangi mereka yang memiliki rancangan tentang hak negara,” tegasnya, merujuk pada perbedaan pandangan baru-baru ini dengan Yunani di Mediterania Timur.

Dia mengatakan Barbaros Hayrettin Paşa, laksamana pertama angkatan laut kekhalifahan Utsmani, membuktikan kekuatan angkatan laut Turki kepada dunia dalam perang 1538 melawan Tentara Salib.

Memuji kehebatan angkatan laut negara itu, presiden menekankan bahwa Turki adalah satu-satunya 10 negara di dunia yang dapat merancang, membangun, dan memelihara kapal perang mereka sendiri dengan sumber daya mereka sendiri.

“Angkatan Laut kita, yang menjamin keamanan laut di negara kita yang dikelilingi oleh air di ketiga sisinya, membuat bangsa kita bangga dengan fasilitas dan kemampuannya yang canggih, personel yang berkualitas dan keberhasilan yang telah dicapai dalam semua tugas yang diembannya, bersama-sama dengan kekuatan yang diperoleh dari sejarahnya yang mengakar dan dihormati, ”tambah Erdogan dilansir Hurriyet, Ahad(27/9).

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasih dan doa bangsa Turki untuk para pahlawan dan martirnya.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here