Karantina Wilayah di Melbourne akan Dicabut Mulai Senin

Indonesiainside.id, Melbourne– Karantina wilayah alias lockdown di Melbourne akan berakhir pada hari Senin. Keputusan ini diberlakukan setelah hampir dua bulan diterapkan di kota terbesar kedua di Australia dalam upaya untuk mengekang peningkatan tajam Covid-19.

Kepala Menteri Victoria Daniel Andrews mengatakan penduduk Melbourne bebas meninggalkan rumah mereka kapan saja untuk bekerja, berolahraga, dan membeli kebutuhan. Relaksasi diberikan setelah 16 infeksi baru dan dua kematian dilaporkan di Victoria pada hari Ahad serta kasus aktif negara bagian itu turun di bawah level 400 untuk pertama kalinya sejak 30 Juni, kutip laman AFP.

Karantina wilayah diberlakukan di Melborune pada 2 Agustus, bersama dengan pembatasan lain menyusul lonjakan kasus Covid-19 di kota-kota dengan populasi sekitar lima juta orang. Andrew mengatakan keputusan itu tidak dibuat secara sewenang-wenang, tetapi tidak ada pihak yang berhak menempatkan semua risiko pada warga negara Victoria.

Namun, pergerakan publik masih dibatasi dalam jarak lima kilometer (km) dari rumah mereka dan denda bagi mereka yang melanggar batasan lain akan dinaikkan menjadi  3.515 AS Dolar untuk mencegah tindakan tersebut. Melbourne, ibu kota Victoria menjadi gelombang kedua Australia setelah virus menyebar dari hotel-hotel yang menjadi pusat karantina nomaden pulang dari luar negeri.

Menurut Andrews, beberapa batasan lain juga akan dicabut, sehingga memungkinkan pekerja di industri tertentu untuk kembali dan upacara keagamaan skala kecil dapat dilanjutkan. Siswa sekolah dasar akan kembali ke kelas mulai pertengahan Oktober dan pusat penitipan anak juga akan segera dibuka kembali.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here