Pecah Pertempuran Sengit Armenia vs Azerbaijan di Perbatasan

Etnis Armenia di wilayah itu mendeklarasikan kemerdekaan selama konflik yang pecah ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Mereka merebut Karabakh dari Baku, dalam perang yang menewaskan 30.000 orang.

Meskipun gencatan senjata disepakati pada tahun 1994, Azerbaijan dan Armenia sering saling menuduh melakukan serangan di sekitar Nagorno-Karabakh dan di sepanjang perbatasan Azerbaijan-Armenia yang terpisah.

Pembicaraan untuk menyelesaikan sengketa Nagorno-Karabakh sebagian besar terhenti sejak perjanjian gencatan senjata.

Grup Minsk, yang mencakup Perancis, Rusia, dan Amerika Serikat, telah berupaya menengahi perselisihan tersebut, tetapi kesepakatan damai gagal pada tahun 2010.

Rusia pada Ahad (27/9) juga menyerukan gencatan senjata segera dan dimulainya pembicaraan.

“Kami menyerukan pihak-pihak untuk segera menghentikan tembakan dan memulai pembicaraan untuk menstabilkan situasi,” kata kemenlu Rusia.

Juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin men-tweet: “Armenia telah melanggar gencatan senjata dengan menyerang permukiman sipil … Komunitas internasional harus segera mengatakan hentikan provokasi berbahaya ini.”

Pada bulan Juli, bentrokan hebat di sepanjang perbatasan kedua negara ratusan kilometer dari Nagorno-Karabakh dan menewaskan sedikitnya 17 tentara dari kedua sisi.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here