Turki Desak Armenia Mundur dari Wilayah yang Dicaploknya

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: Anadolu

Indonesiainside.id, Jakarta – Turki kembali menegaskan sikapnya seperti negara-negara lain di dunia yang mendukung penuh Azerbaijan atas konflik Nagorno-Karabakh. Menteri pertahanan Turki pada Senin mendesak Armenia untuk segera mundur dari wilayah yang dicaploknya.

Armenia harus segera menghentikan serangannya dan mengirim balik tentara bayaran dan teroris yang mereka bawa dari luar negeri,” kata Hulusi Akar kepada Anadolu Agency, Selasa(29/9).

Dia mengatakan Turki mendukung saudara-saudaranya Azerbaijan dalam mempertahankan tanah air mereka, Menhan Turki juga menambahkan Armenia harus mundur dari wilayah Azerbaijan yang diduduki untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut.

Bentrokan perbatasan meletus pada Minggu pagi ketika pasukan Armenia menyerang pemukiman sipil Azerbaijan dan pos militer, yang menyebabkan korban jiwa.

Parlemen Azerbaijan menyatakan keadaan perang di beberapa kota dan wilayahnya menyusul pelanggaran perbatasan Armenia dan serangan di wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki.

Hubungan antara kedua negara bekas Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau wilayah Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Empat Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB serta banyak organisasi internasional menuntut penarikan pasukan pendudukan dari wilayah tersebut.

OSCE Minsk Group – diketuai bersama oleh Prancis, Rusia dan AS – dibentuk pada 1992 untuk menemukan solusi damai bagi konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. (EP/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here