Tiga Partai Koalisi Malaysia Bertemu Bahas Klaim ‘Kemenangan’ Anwar Ibrahim

Indonesiainside.id, Kuala Lumpur–Tiga partai utama koalisi pemerintah Malaysia yakni UMNO, Partai Islam se-Malaysia (PAS), dan Bersatu akan bertemu pekan ini untuk membahas klaim ketua oposisi Malaysia Anwar Ibrahim yang mengaku memiliki suara mayoritas untuk menggulingkan posisi Perdana Menteri Muhyiddin Yassin. Sumber dari UMNO dan Bersatu telah mengonfirmasi rencana itu namun tidak mengungkapkan secara rinci isi pertemuan tersebut

“Jadwal rapatnya rahasia, tapi pekan ini akan dilakukan Rabu atau Kamis,” kata salah satu sumber kepada Malay Mail pada Rabu (30/9).

Sumber lain dari Bersatu menguatkan hal ini tetapi menolak berkomentar karena akan berisi masalah pribadi dan rahasia. “Ya, akan ada pertemuan tingkat tinggi,” ujar dia.

Ketua Pakatan Harapan Anwar Ibrahim pada Rabu mengklaim meraih dukungan mayoritas dari anggota parlemen untuk menjadi perdana menteri.  Anwar menyampaikan akan menemui Yang Di-Pertuan Agong atau Raja Malaysia untuk menyampaikan bukti-bukti dukungan kepadanya.

Anwar menuturkan akan menyampaikan detail rincian dukungannya kepada media seusai beraudiensi dengan Raja.  Meskipun awalnya dipandang sebagai taktik Anwar, ketua Barisan Nasional dan Presiden UMNO Zahid Hamidi mengakui ada sejumlah anggota yang menyebarang ke kubu Anwar Ibrahim.

Situasi ini membuat PAS meminta klarifikasi UMNO soal dugaan anggota parlemennya yang membelot mendukung Anwar Ibrahim.

“Jika ini benar, berarti UMNO belum menaati kesepakatan yang tertuang dalam Piagam Konsensus Nasional yang ditandatangani pada 14 September 2019,” ujar Sekretaris Jenderal PAS Takiyuddin Hassan dalam pernyataannya pada Jumat.

Diperlukan minimal 112 kursi anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan di Malaysia.  Koalisi berkuasa Pakatan Harapan pimpinan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin memiliki mayoritas sangat tipis 113 kursi.

Dengan asumsi semua koalisi PH mendukungnya, Anwar hanya memiliki 91 kursi.  Anggota parlemen oposisi lain yang bisa dia tarik kemungkinan berasal dari Parti Pejuang Tanah Air Mahathir Mohamad dengan 5 kursi, Partai Warisan Sabah Shafie Apdal dengan 9 kursi, Upko 1 kursi, Partai Sarawak Baru dua kursi, dan 1 kursi dari Aliansi Demokratik Malaysia (Muda) Syed Saddiq Syed Abdul Rahman.

Jika digabungkan, Anwar masih membutuhkan setidaknya tiga anggota parlemen dari sisi pemerintah sebelum dapat mengklaim mayoritas.  Dengan situasi ini, Anwar berarti harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen partai politik di Malaysia.

Dalam rapat dewan presiden Pakatan Harapan (PH) pada Senin, muncul kabar DAP tidak yakin Anwar berhasil mendapatkan dukungan dari anggota parlemen Umno seperti klaim sebelumnya. Sumber PH mengatakan Anwar masih tidak akan mengungkapkan berapa banyak anggota parlemen saingan yang dia raih.

Namun sumber PH itu mengatakan dukungan mereka ke Anwar dilakukan tanpa syarat.  “Tapi itu tergantung Anwar mengamankan audiensi dengan Raja,” kata sumber dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang merupakan partai milik Anwar Ibrahim. (NE/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here