Turki dan Jerman Gelar Dialog Bahas Konflik Azerbaijan-Armenia

pertempuran sengit antara Azerbaijan-Armenia

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri luar negeri Turki melakukan dialog dengan sejawatnya dari Jerman tentang perkembangan terbaru seputar pertempuran sengit antara Azerbaijan-Armenia dan Mediterania Timur.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu dan Heiko Mass berbincang melalui telepon.

Kedua pihak berdiskusi beberapa hari setelah bentrokan pecah di perbatasan Armenia-Azerbaijan setelah Yerevan melancarkan serangan yang menyebabkan korban sipil di wilayah Azerbaijan.

Sejak serangan pada Minggu kemarin, ketegangan terus meningkat antara kedua negara tetangga itu dan Turki menyatakan berdiri teguh bersama Azerbaijan.

Uni Eropa, Rusia dan NATO mendesak penghentian segera bentrokan di sepanjang perbatasan Azerbaijan dan Armenia.

Hubungan antara kedua negara bekas Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Juga di Mediterania Timur, ketegangan telah meningkat selama berminggu-minggu karena Yunani mempersoalkan eksplorasi energi Turki.

Turki – negara dengan garis pantai terpanjang di Mediterania – mengirimkan kapal bornya untuk mengeksplorasi energi di landas kontinennya, untuk menegaskan haknya di wilayah tersebut, serta hak Republik Turki Siprus Utara.

Untuk mengurangi ketegangan, Ankara menyerukan dialog untuk memastikan pembagian yang adil dari sumber daya di kawasan.(EP/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here