Suriah Menyuruh Israel Angkat Kaki dari Dataran Tinggi Golan yang Dicaploknya

Tank Israel di dataran tinggi golan Suriah.

Indonesiainside.id, New York – Delegasi Suriah untuk PBB, Hussam Al-Din Ala, dengan tegas menyerukan Israel untuk angkat kaki dari dataran tinggi Golan yang didudukinya.

Dalam Sidang Dewan HAM PBB ke 45, Rabu (30/10), wakil Suriah mengatakan bahwa Pemerintah Israel masih terus melakukan praktek penggusuran terhadap warga Suriah di dataran Golan yang diduduki serta memberlakukan aturan semena-semana yang melanggar hak-hak asasi bagi warga di sana.

“Meskipun Dewan HAM PBB berkali-kali telah mengeluarkan keputusan menyerukan Israel agar mengakhiri pendudukan terhadap Golan namun sampai saat ini Tel Aviv masih melakukan praktik penjajahan. Hal ini bertentangan dengan keputusan Dewan Keamanan PBB nomor 497 tahun 1981,” tegasnya.

Menurutnya, Israel merampas lahan warga serta memaksa mereka membuat sertifikat tanah yang diterbitkan pemerintah Tel Aviv serta membangun lahan pertanian yang menjadi cikal bakal permukiman Israel.

“Kami menuntut Israel agar angkat kaki dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki serta berhenti melakukan pelanggaran hukum di Palestina,” serunya.

“Sekali lagi Suriah menyatakan dukungan terhadap keputusan PBB yang menjamin kemerdekaan Palestina dibatas wilayah 1967, dimana Al-Quds sebagai ibu kotanya serta pemulangan kembali warga Palestina yang digusur dari tanah air, tutupnya seperti dilansir Rt Arabic.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here