Australia Menyemai Besar-besaran Untuk Pulihkan Hutan yang Terbakar

Kebakaran hutan dan semak di Australia tahun lalu. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Sydney – Negara Bagian Victoria di Australia melaksanakan program penyemaian kembali secara besar-besaran lewat udara untuk mendorong pemulihan hutan menyusul kebakaran hutan terbesar dalam sejarah Australia pada musim panas lalu.

Inisiatif tersebut diutarakan pada Jumat (2/10), pihak otoritas mengatakan bahwa lebih dari 4,5 ton benih pohon kayu putih telah disebar menggunakan helikopter ke area seluas kurang lebih 5.650 kali ukuran stadion sepak bola.

“Dalam operasi penyemaian lewat udara ini, helikopter menyebarkan benih kayu putih ke seluruh area yang hangus akibat kebakaran terakhir. Operasi ini menjadi operasi pemulihan hutan terbesar dalam sejarah Victoria,” ujar Menteri Lingkungan Negara Bagian Victoria Lily D’Ambrosio.

Ribuan benih itu suatu hari nanti diharapkan akan tumbuh menjadi pohon-pohon besar di hutan Australia, termasuk Mountain Ash yang ikonis, pohon berbunga tertinggi di dunia, dan Alpine Ash, yang dapat mencapai tinggi hingga 90 meter.

“Benih-benih tersebut, yang tersebar di tanah hutan kita saat ini, akan menciptakan raksasa-raksasa hutan yang akan hidup lebih lama dari kita semua, dan membangun ekosistem untuk melindungi kehidupan tanaman dan hewan-hewan khas Victoria,” ujar D’Ambrosio.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa lebih dari separuh total area taman nasional dan cagar alam di Victoria terdampak oleh kebakaran, menurut Departemen Lingkungan, Lahan, Air, dan Perencanaan Negara Bagian Victoria.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here