Rusia Kirim Vaksin Corona Untuk Venezuela

Foto yang disediakan oleh Dana Investasi Langsung Rusia (Russian Direct Investment Fund/RDIF) ini menunjukkan vaksin COVID-19 yang dikembangkan laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya di Moskow, Rusia, Kamis (6/8/2020). Xinhua/RDIF

Indonesiainside.id, Caracas – Otoritas Venezuela menerima gelombang pertama vaksin Sputnik V untuk Covid-19 dari Rusia dan mengumumkan rencana mereka untuk memulai uji klinis Tahap III di negara itu.

Gelombang pertama yang terdiri dari 2.000 vaksin tiba di Bandara Internasional Simon Bolivar di Kota Maiquetia, Jumat(2/10).

Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez menyebut pengiriman itu sebagai momen bersejarah dan menyatakan antusiasmenya bahwa “Venezuela menjadi negara pertama di belahan bumi bagian barat yang berpartisipasi dalam Tahap III uji klinis vaksin ini.”

“Bulan ini kami akan segera memulai tahap uji klinis terkait di Venezuela, dimulai dengan ibu kota,” kata Menteri Kesehatan Carlos Alvarado.

Dia menjelaskan bahwa setelah pengujian ini, otoritas negara akan bekerja sama dengan Rusia dalam “penguatan pabrik vaksin kami di Caracas untuk pengisian dan pengemasan vaksin di Venezuela, lalu menyelesaikan produksi.”

“Setelah Tahap III berakhir di Rusia dan kini di Venezuela, proses produksi massal akan dimulai, yang akan diakhiri dengan pemberiannya kepada sebanyak mungkin orang di seluruh negeri,” kata Alvarado. (EP/xh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here