Menkes India Sebut 250 Juta Orang Terima Vaksinasi Covid-19 Pertama Juli 2021

Indonesiainside.id, New Delhi– Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India Harsh Vardhan pada Ahad (4/10) mengatakan bahwa pemerintah berencana akan memberikan vaksin Covid-19 kepada sekitar 250 juta orang di negara itu pada Juli 2021 mendatang.  Menurut menteri kesehatan tersebut, pemerintah akan menerima 400-500 juta dosis vaksin pada Juli tahun depan dan akan menjamin “akses yang adil.”

“Sebuah lembaga ahli tingkat tinggi sedang mempelajari semua aspek vaksin itu, termasuk bagaimana memastikan pendistribusian yang adil. Daftar kelompok warga negara yang membutuhkan vaksin segera sedang dibuat oleh kementerian kesehatan bekerja sama dengan pemerintah negara bagian,” ujar menteri tersebut saat menyampaikan pidato edisi keempat dari program interaksi media sosial mingguannya, Sunday Samvaad (Percakapan Ahad).

Vardhan mengatakan bahwa para pemerintah negara bagian telah diimbau untuk mengirimkan rincian “kelompok populasi prioritas”, mengacu pada bagian mana dari populasi yang akan didahulukan untuk menerima vaksin, pada akhir Oktober.

“Pengadaan vaksin dilakukan secara terpusat dan setiap pengiriman akan dilacak secara waktu nyata (real-time). Prioritas akan diberikan kepada para petugas kesehatan garis depan,” katanya. “Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada produsen-produsen vaksin India,” tambahnya.

Pernyataan sang menteri dikeluarkan saat tiga vaksin Covid-19 potensial sedang diuji coba di India, termasuk Covishield yang dikembangkan bersama oleh Universitas Oxford dan raksasa farmasi AstraZeneca. Covishield sedang dalam uji coba Tahap 2 dan 3 pada manusia.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here