Amerika Desak Azerbaijan dan Armenia Menyetujui Gencatan Senjata

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Stephen Biegun

Indonesiainside.id, Washington–Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Stephen Biegun Selasa (5/6) mengadakan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Azerbaijan dan Armenia. Ia mendesak kedua belah pihak untuk menyetujui gencatan senjata dan melanjutkan pembicaraan, kantor berita Xinhua melaporkan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biegun prihatin dengan laporan aksi dan operasi militer yang meningkat di daerah konflik Nagorno-Karabakh.  “Biegun mendesak pihak-pihak yang terlibat untuk segera menyetujui gencatan senjata dan melanjutkan pembicaraan di bawah naungan Grup Minsk untuk menemukan solusi,” kata Biegun sambil menambahkan  bahwa konflik tidak dapat diselesaikan melalui militer.

Pertempuran masih berkecamuk di sepanjang perbatasan Nagorno-Karabakh, menurut kedua pihak.  Konflik antara Azerbaijan dan Armenia dimulai pada tahun 1988 – tiga tahun sebelum Uni Soviet bubar pada tahun 1991. Pada tahun 1992, perang besar-besaran pecah sampai gencatan senjata ditandatangani pada Mei 1994. (NE)

 

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here