Bentrokan Armenia-Azerbaijan atas Wilayah Separatis Kembali Berlanjut

armenia, azerbaijan, Karabakh, Nagorno-Karabakh

Indonesiainside.id, Yerevan – Pertempuran antara pasukan Armenia dan Azerbaijan atas wilayah separatis Nagorno-Karabakh kembali meletus pada Senin (5/10) pagi, dengan kedua pihak saling menuduh melakukan serangan.

Pejabat militer Armenia pada Senin (5/10), melaporkan serangan rudal menghantam Stepanakert, ibu kota Nagorno-Karabakh. Wilayah itu terletak di Azerbaijan tetapi di bawah kendali pasukan etnis Armenia sejak berakhirnya perang separatis pada 1994.

“Baku tembak dengan berbagai intensitas terus berkecamuk di zona konflik,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia Shushan Stepanian.

Sementara Kementerian Pertahanan Azerbaijan, menuduh pasukan Armenia menembaki kota Tartar, Barda, dan Beylagan. “Ganja, kota terbesar kedua di Azerbaijan yang berada jauh di luar zona konflik, juga diserang,” kata para pejabat kementerian.

Kementerian Luar Negeri Armenia dalam sebuah pernyataan menolak tuduhan serangan yang diluncurkan dari wilayah Armenia sebagai kampanye disinformasi yang dilakukan oleh Azerbaijan.

Vahram Poghosyan, juru bicara pemimpin Nagorno-Karabakh, pada Senin memperingatkan dalam sebuah postingan di Facebook, bahwa pasukan wilayah akan menargetkan fasilitas militer di kota-kota Azerbaijan sebagai tanggapan atas serangan di Stepanakert dan Shushi, sebuah kota di Nagorno-Karabakh.

Diketahui, pertempuran antar kedua negara bertetangga itu kembali berkecamuk sejak 27 September lalu, dan menewaskan puluhan warga sipil dari kedua pihak. Hal ini menandai eskalasi terbesar dalam konflik puluhan tahun di wilayah tersebut. Kedua belah pihak saling menuduh memperluas permusuhan di luar zona konflik di Nagorno-Karabakh.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here