Dampak Pertempuran Armenia – Azerbaijan, Kanada Tangguhkan Ekspor Teknologi ke Turki

Tangkapan layar sebuah lokasi yang terkena hantaman roket dalam perang Armenia-Azerbaijan

Indonesiainside.id, Jakarta – Kanada telah menangguhkan izin ekspor tertentu ke Turki setelah dilaporkan bahwa teknologinya digunakan dalam konflik militer di Nagorno-Karabakh , kata seorang pejabat senior Kanada, Senin(5/10).

“Sejalan dengan kontrol ekspor Kanada dan karena pertikaian yang sedang berlangsung, saya telah menangguhkan izin ekspor yang relevan ke Turki, sehingga memberikan waktu untuk menilai situasi lebih lanjut,” kata Menteri Luar Negeri Francois-Philippe Champagne lansir Al-Arabiya, Selasa(6/10).

Prancis dan beberapa negara lain menuduh Turki mengirim tentara bayaran untuk berperang bersama pasukan Azerbaijan melawan pasukan yang didukung Armenia di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh.

Sementara tudingan lain juga muncul setelah Prancis diduga memfasilitasi teroris YKK/YPG berperang untuk Armenia.

Israel juga dituduh memasok senjata berat ke Azeri. Setelah dilaporkan oleh Al Arabiya English pekan lalu, Armenia memanggil kembali duta besarnya untuk Tel Aviv untuk berkonsultasi mengenai penjualan senjata Israel ke Baku.

Pada hari Senin, diplomat tinggi Kanada menambahkan bahwa negaranya terus khawatir dengan konflik yang sedang berlangsung di wilayah Kaukasus.

“Kami menyerukan agar tindakan segera diambil untuk menstabilkan situasi di lapangan dan menegaskan kembali bahwa tidak ada alternatif untuk penyelesaian damai yang dinegosiasikan untuk konflik ini,” katanya.

Pemimpin Azerbaijan telah menuntut penarikan penuh Armenia, permintaan maaf sebelum gencatan senjata

Armenia dan Azerbaijan telah terkunci dalam konflik yang membara selama beberapa dekade di wilayah tersebut dan pertempuran baru telah menjadi yang terberat dalam beberapa dekade, dengan hampir 200 orang dipastikan tewas.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here