Turki Kecam Standar Ganda Kanada

kementerian luar negeri Turki. Foto: HN

Indonesiainside.id, Istanbul – Turki mengecam keputusan Kanada untuk menangguhkan ekspor senjata ke negara itu dan menuduh Ottawa menerapkan “standar ganda”.

Pengumuman Kanada pada 5 Oktober datang ketika mereka menyelidiki dugaan penggunaan teknologi militer Turki dalam konflik Armenia-Azerbaijan.

“Kami mengharapkan Kanada untuk mengejar kebijakan yang jauh dari standar ganda dan bertindak tanpa pengaruh dari kalangan anti-Turki di negara itu,” kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

“Meskipun Kanada tidak melihat bahayanya mengekspor senjata ke negara-negara yang terlibat secara militer dalam krisis Yaman … dan menyajikan penjualan sebagai kontribusi untuk keamanan regional, tidak ada penjelasan lain untuk pencegahan ekspor senjata ke sekutu NATO-nya, “tambahnya.

Pernyataan itu juga menggarisbawahi bahwa Turki memiliki rezim kontrol ekspor yang komprehensif, dan dengan tekun melaksanakan kewajibannya.

“Harapan kami dari Kanada adalah bahwa mereka akan mengikuti kebijakan yang jauh dari standar ganda, bertindak tanpa berada di bawah pengaruh lingkaran anti-Turki di negaranya dan tanpa terbatas pada kepentingan politik yang sempit,” katanya.

Menteri Luar Negeri Kanada Francois -Philippe Champagne dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pihaknya memiliki tuduhan tertentu mengenai “teknologi negaranya yang digunakan dalam konflik militer di Nagorno-Karabakh.”(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here