Negatif Covid-19, PM Malaysia Tetap Jalani Karantina 14 Hari

PM Malaysia, Muhyiddin Yassin. Foto: RTM

Indonesiainside.id, Jakarta – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dinyatakan negatif Covid-19, ujar sekretariat perdana menteri pada Rabu (7/10).

Kesimpulan itu berdasarkan tes diagnostik yang digelar Senin lalu dan beroleh hasil pada Selasa. “Saat ini perdana menteri dalam keadaan sehat. Namun dia akan terus melakukan karantina 14 hari,” ujar lembaga itu, lewat siaran pers.

Sabtu lalu, Muhyiddin bersama 13 menteri dan wakil menteri menggelar rapat tingkat tinggi. Pada Senin, seluruh peserta rapat itu menjalani karantina rumah, setelah Menteri Agama Zulkifli Mohamad Al-Bakri dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Meski menjabat sebagai perdana menteri, kata Muhyiddin Selasa lalu, dia tidak terbebas dari protokol karantina. Bahkan ini kali kedua Muhyiddin menjalani karantina rumah, sejak pandemi Covid-19 melanda.

“Saya harus mengikuti aturan,” kata Muhyiddin.

Begitu pula, tujuh menteri dan enam wakil menteri yang turut serta dalam rapat tersebut harus menjalani karantina. Selasa kemarin, Malaysia mencatatkan jumlah kasus harian tertinggi sebesar 691 kasus, sehingga total infeksi nasional menjadi 13.504 kasus.

Meski terjadi peningkatan kasus, Muhyiddin mengatakan Malaysia belum mempertimbangkan untuk kembali memberlakukan karantina negara. “Untuk saat ini kami belum memikirkan lockdown total, karena jika itu dilakukan sekali lagi, akan berdampak besar dan kami khawatir sistem sosial dan ekonomi akan ambruk,” ujar dia. (Aza/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here