UEA dan Menteri Luar Negeri Israel akan Bertemu di Berlin

Bendera UEA - Israel. Foto: anadolu

Indonesiainside.id, Berlin–Para menteri luar negeri Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel bertemu untuk pertama kalinya pada Selasa untuk pembicaraan guna menormalisasi hubungan antara kedua negara. Jerman menyelenggarakan pembicaraan tatap muka pertama antara menteri luar negeri dari dua mantan musuh.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, yang menjadi tuan rumah pembicaraan di Berlin, menyuarakan dukungan pemerintahnya untuk pemulihan hubungan antara dua bekas musuh. “Ini suatu kehormatan besar bagi kami. Dan ini adalah bukti kepercayaan bahwa Anda telah memilih Berlin sebagai lokasi pertemuan pertama Anda. Terima kasih banyak untuk itu, ”katanya dalam konferensi pers bersama dengan rekan-rekannya dikutip Anadolu Agency hari Rabu (7/10).

Maas berharap normalisasi hubungan antara UEA dan Israel akan menciptakan momentum baru untuk mengatasi kebuntuan dalam proses perdamaian Timur Tengah. “Solusi dua negara adalah model terbaik untuk mencapai ini,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa Jerman siap memberikan kontribusi aktif bersama dengan mitra Eropa untuk mendukung hal ini.

Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed membela keputusan mereka untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, yang mendapat kecaman keras dari Palestina, dan berpendapat bahwa Timur Tengah akan menyaksikan babak baru setelah ini. “Kami ingin mewujudkan perdamaian, kami ingin membangun perdamaian untuk kemakmuran di kawasan ini, kami ingin bekerja sama,” tegasnya dan menyebut keamanan, energi, dan teknologi sebagai kemungkinan wilayah kerja sama dengan Israel.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here