Korut Gelar Parade Militer Pamerkan Rudal Nuklir Antarbenua

Rudal nuklir antarbenua Korut yang bisa mencapai Amerika. Foto: net

Indonesiainside.id, Pyongyang – Warga Korea Utara yang mengenakan masker medis berkumpul di Ibu Kota Pyongyang menjelang parade militer besar pada Sabtu (10/10), meskipun ada kekhawatiran penularan Covid-19.

Mengutip sumber yang tidak bisa disebut namanya, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan tanda-tanda bahwa stasiun TV pemerintah Korut bersiap untuk menyiarkan parade secara langsung untuk pertama kalinya sejak 2017, dan pemimpin Kim Jong Un dapat menyampaikan pidato selama acara tersebut.

Pejabat di Korsel dan Amerika Serikat mengatakan bahwa Korut dapat menggunakan parade untuk memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) baru.

“Ada kemungkinan Korea Utara akan mengungkap senjata strategis baru, seperti rudal balistik antarbenua atau rudal balistik yang diluncurkan kapal selam, untuk menarik perhatian di saat pencapaian ekonominya lamban,” kata Kementerian Unifikasi Korsel, yang menangani hubungan dengan Utara, Kamis (8/10).

Menteri Unifikasi Lee In-young mengatakan kepada anggota parlemen bahwa menampilkan rudal baru bisa menjadi “demonstrasi kekuatan intensitas rendah” menjelang pemilihan presiden AS yang akan kurang provokatif daripada peluncuran atau uji coba nuklir.

Kim belum menampilkan ICBM dalam parade sejak dia pertama kali bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada 2018, tetapi pembicaraan mereka tentang pelepasan program nuklir dan rudal Korut telah terhenti dan Pyongyang telah mengisyaratkan meningkatnya ketidaksabaran dengan Washington.

“Tampilan ICBM baru akan menandakan bahwa Korea Utara bergerak dari strategi ini dan mungkin menunjukkan bahwa Korea Utara akan melanjutkan pengujian rudal jarak jauh,” kata Jeffrey Lewis, seorang peneliti rudal di James Martin Center for Nonproliferation Studies.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here